Label

Rangka Manusia

Advertisemen

Kita dapat melakukan aktitivitas seperti duduk, berdiri, dan berbaring karena kita memiliki rangka tubuh, Selain itu, Kita juga dapat mengamati lingkungan sekitar, mendengarkan lagu, mencium aroma makanan, dan merasakan kelezatan makanan karena kita memiliki alat indra. Coba bayangkan jika tubuh kita tidak ada rangka/tulangnya atau kita tidak memiliki alat indra, mungkinkah kita dapat bertaha hidup ?

A. Rangka Manusia
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diciptakan dalam bentuk tubuh yang paling sempurna. Coba rabalah tubuhmu, mulai dari jari ujung kaki sampai ujung kepala. Adakah bagian yang terasa keras ? bagian apa sajakah itu ? Bagian yang terasa keras tersebut menunjukan adanya tulang. Tulang-tulang tersebut bersambungan dan tersusun secara teratur. Tulang-tulang yang tersusun teratur disebut rangka.

Tulang membantu melindungi bagian-bagian tertentu pada tubuh kita. Misalnya, bagian yang lunak dan organ-organ dalam penting seperti hati, jantung, paru-paru, dan ginjal. Tulang juga membantu kita bergerak atau melakukan kegiatan. Selain itu tulang merupakan kerangka tubuh yang menahan dan menjaga bentuk tubuh, coba bayangkan bila tubuh kita tidak memiliki rangka, apa yang akan terjadi? Tentu tubuh kita akan jatuh terkulai dan tidak dapat berdiri tegak.

Apakah yang menghubungkan antara tulang yang satu antara tulang yang lain? Antar tulang dihubungkan oleh sendi. Sendi menjadikan tulang terikat kuat pada tempatnya.
Kemudian Apakah yang menggerakan rangka tubuh? Bagian yang dapat menggerakkan rangka disebut otot. Pada kehidupan sehari-hari otot sering disebut daging. untuk lebih jelasnya pelajarilah materi berikut dengan seksama

1. Bagian-Bagian Rangka
Pernahkah kamu mengamati rangka manusia di Laboratorium? Rangka manusia terdiri dari tiga bagian, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.

a. Rangka Kepala
Rangka kepala meliputi tulang-tulang tengkorak , sedangkan tulang-tulang tengkorak wajah terdiri atas 2 tulang hidung, 2 tulang pipi, 2 tulang rahang atas dan tulang rahang bawah, 2 tulang air mata, tulang langit-langit, tulang pisau luku, dan 1 tulang lidah. sementara itu Tulang pelindung otak meliputi 1 tulang dahi, 1 tulang belakang kepala, 2 tulang pelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan 2 tulang tapis.

b. Rangka Badan
Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul. Tulang belakang terdiri dari 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.

Tulang rusuk terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang, Tulang dada terdiri atas tiga bagian, yaitu tangkai atau hulu, badan, dan taju pedang. Tulang dada merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Tulang rusuk dan tulang dada membentuk rongga dada.
Di atas rongga dada terdapat rangka bahu. Rangka bahu dibentuk oleh tulang gelang bahu. Tulang gelang bahu tersusun dari sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka.
Pada bagian bawah terdapat rangka panggul. Rangka panggul dibentuk oleh tulang gelang panggul. tulang gelang panggul dibentuk oleh 2 tulang usus, 2 tulang duduk, dan 2 tulang kemaluan.

c. Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai). Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan), yaitu : tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, dan tulang telapak tangan, tulang ruas-ruas jari. Sedangkan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai), yaitu : tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang tempurung lutut, tulang telapak kaki, tulang pergelangan kaki, dan tulang ruas-ruas jari.

2. Sendi
Tulang manusia berhubungan satu sama lain. Hubungan antara tulang-tulang manusia disebut sendi, Ada sendi yang dapat digerakkan dan ada juga sendi yang tidak dapat digerakkan. berikut contoh beberapa sendi yang terdapat pada tubuh manusia

a. Sendi Engsel, adalah sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel jendela atau pintu. Contoh sendi engsel adalah sendi pada siku yang menghubungkan tulang lengan atas dan lengan bawah, sendi pada lutut yang menghubungkan tulang paha dan tulang kaki bawah, serta sendi pada ruas jari tangan dan ruas jari kaki

b. Sendi Peluru, adalah sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah. Hal tersebut dapat terjadi karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. pada sendi puluru terjadi pertemuan antara ujung tulang yang berbentuk bola dengan tulang yang berbentuk mangkuk. Contohnya, sendi pada ruas tulang leher yang paling atas, sendi pada bahu yang menghubungkan tulang lengan atas dengan tulang lengan bahu,serta sendi pada panggul yang menghubungkan tulang paha dan tulang gelang panggul.

c. Sendi Pelana, Sendi pelana adalah sendi yang bergerak ke dua arah, yaitu kesamping dan kedepan. Contohnya sendi antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari.

d. Sendi Geser, adalah persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain sendi geser hanya memungkinkan sedikit gerakan. Sendi geser dijumpai pada tulang hasta dan tulang pengumpil.

e. Sendi Putar, persendian tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros, Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang atlas ( tulang leher yang pertama ) dan tulang tengkorak. Tulang atlas masuk kedalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Rajin Membaca - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger