Menyimpulkan Informasi Lisan Yang Tidak Bersifat Perintah

Advertisement
Your Ads Here
Setiap hari kamu menyimak informasi bukan? informasi yang kamu simak ternyata beraneka ragam, ada yang bersifat perintah dan ada yang bukan, untuk mengidentifikasi isi informasi yang kamu simak, disini kamu diharapkan mampu menyimpulkan informasi, terutama informasi lisan. Cara yang digunakan meliputi Deduktif dan Induktif.

Menyimpulkan Informasi Lisan Yang Tidak Bersifat Perintah

Menyimpulkan Informasi Lisan Yang Tidak Bersifat Perintah

Teknik menyimpulkan informasi dibagi menjadi dua, yaitu deduksi dan induksi, teknik deduksi dilakukan terhadap data (pernyataan) umum kemudian ditarik simpulan khusus. Sebaliknya, teknik induksi dilakukan terhadap data (pernyataan) khusus diikitu pernyataan umum, kedua teknik ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpulkan berbagai informasi yang setiap hari kita temukan , perhatikan kutipan berikut
Bahasa digambarkan bukan hanya sebagi rangkaian bunyi, tetapi bahasa didefinisikan sebagai substansi, bentuk, ekspresi, dan isi. Sebagai substansi, bahasa meruapak segala sesuatu yang dapat dibicarakan, sedangkan sebagai bentuk, bahasa merupakan formalisasi bagian-bagian dalam konsep, Sebagai ekspresi, bahasa merupakan media fisik dan sebagai isi, bahasa merupakan formalisasi media kedalam unit ekspresi.
Dalam kutipan tersebut dimuat ide utama dan ide-ide penjelas. Ide utama disebut pernyataan umum dan Ide penjelas dinamakan pernyataan khusus, jadi kutipan susunan diatas adalah umum ke khusus, Cara merumuskan susunan demikian dinamakan deduktif.
Sebuah teori mendasarkan pada aspek-aspek bahasa. Bagaimanakah bahasa itu berbunyi dan tampak? Bagaimanakah bahasa itu berfungsi? Bagaimanakah bahasa itu berkembang?
Wacana diatas juga menggunakan penalaran deduktif, Ide utamanya adalah sebuah teori yang mendasarkan pada aspek bahasa. Ide penjelasannya adalah kalimat-kalimat berikutnya. Jika kita cermati strukturnya, antara kutipan pertama dan kutipan kedua mempunyai struktur yang sama walaupun ide-ide penjelasannya berbeda. Bentuk informasi singkat dan informasi lengkap dapat dicermati dari cara pengungkapannya.

Selain kedua contoh tersebut, cara deduktif juga dapat digunakan pada wacana yang sangat luas, Keluasan cara penyampaian tidak mempengaruhi makna dan letak gagasan utama.

Cara lain untuk menyimpulkan informasi adalah cara induktif. Cara ini mengedepankan Ide-ide penjelas diakhiri dengan simpulan/ide utama. Cermati contoh dibawah ini.
Pertama kali seseoramg belajar bahasa dapat dilakulan dengan mempelajari bunyi-bunyi bahasa. Selanjutnya beralih mempelajari makna bahasa. Langkah terakhir dapat menganalisis dan menggunakan bahasa dengan tepat. Beginilah cara belajar bahasa yang efektif.
Cara Induktif ini dapat digunakan untuk merumuskan wacana atau dialog yang lebih luas lagi.
Advertisement
Your Ads Here

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon