Fungsi Rangka Manusia

Advertisement
Your Ads Here
Rangka atau tulang termasuk salah satu alat tubuh pada manusia dan hewan. Apa yang akan terjadi jika kaki dan tangan kita tidak memiliki rangka di dalamnya? Tentu kita tidak dapat berdiri dengan tegak. Fungsi rangka bagi makhluk hidup antara lain, menguatkan dan menegakkan tubuh, menentukan bentuk tubuh, tempat melekatnya otot, dan melindungi bagian-bagian tubuh yang penting dan halus. Fungsi Rangka Manusia diantara lainnya adalah
  1. Menguatkan dan Menegakkan Tubuh
  2. Bentuk rangka manusia sangat kokoh sehingga kita dapat berdiri dengan tegak, berjalan bahkan berlari dengan cepat. kita juga dapat mengangkat beban sampai batas tertentu karena adanya rangka dalam tubuh.
  3. Menentukan Bentuk Tubuh
  4. Karena memiliki rangka, tubuh kita memiliki bentuk. Bahkan bentuk tubuh juga dapat digunakan sebagai ciri seseorang. Kita dapat mengenali seseorang meski dari kejauhan dengan memperhatikan bentuk tubuhnya. Misalnya, tinggi, pendek, besar, kecil, dan sebagainya. Jika tubuh kita hanya terdiri atas daging saja, maka tubuh kita hanya menjadi tumpukan daging saja.
  5. Tempat Melekatnya Otot
  6. Otot berfungsi menggerakkan anggota badan. Otot melekat pada rangka. Jika tubuh kita tidak memiliki rangka, makak otot tidak memiliki tempat melekat. Otot bekerja sama dengan rangka melakukan suatu gerakan. Ketiadaan salah satunya menyebabkan yang lain tidak berfungsi,
  7. Melindungi Bagian Tubuh yang Penting dan Halus
  8. Rangka merupakan bagian tubuh yang paling keras. Sifatnya yang keras berfungsi melindungi bagian dalam tubuh yang rapuh. Rapuh dalam arti mudah terluka, rusak, atau hancur karena benturan benda keras.
Contoh rangka yang melindungi bagian dalam tubuh yang rapuh, antara lain, rangka kepala yang melindungi otak, mata, telinga, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas; rangka rongga dada melindungi paru-paru, jantung, dan alat pencernaan makanan; rangka pinggul melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi. Karena pentingnya bagian-bagian tubuh tersebut, maka berhati-hatilah saat melakukan aktifitas. Jangan memukul tubuh dengan benda keras atau tajam

Memelihara Kesehatan Rangka
Pernahkah kamu melihat orang yang memiliki kelainan rangka/tulang? Misalnya, bungkuk, kakinya berbentuk O, atau punggungnya condong ke kanan atau ke kiri. Semua itu terjadi dikarenakan oleh penyakit atau karena kebiasaan sikap tubuh yang tidak benar. Oleh karena itu, Kita harus memelihara kesehatan rangka, kamu harus rajin berolah raga, mempelajari penyebab beberapa jenis penyakit tulang, serta mengetahui sikap tubuh yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, makanan yang kamu makan juga harus diperhatikan kandungan gizinya.

Pengaruh Sikap Tubuh Terhadap Rangka
Kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik akan mempengaruhi pertumbuhan tubuh. Misalnya, Posisi membaca, menulis, dan duduk. Sikap tubuh yang salah ketika duduk berdiri, tidur, atau ketika membawa beban yang terlalu berat dapat menyebabkan gangguan pada tulang belakang. Berikut adalah beberapa gangguan pada tulang belakang.
  • Skoliosis, yaitu tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan. Penyebabnya adalah sering membawa beban yang terlalu berat pada salah satu sisi anggota gerak atau pada bahu. 
  • Kifosis, yaitu tulang belakang membengkok ke belakang. Penyebabnya adalah kebiasaan duduk membungkuk atau sering membawa beban yang terlalu berat di punggung. 
  • Lordosis, yaitu tulang belakang membengkok ke depan. Penyebabnya adalah mungkin karena terjatuh saat masik kecil atau duduk terlalu condong ke depan.
Untuk menghindari akibat buruk dari sikap tubuh yang salah, maka kamu harus membiasakan sikap tubuh yang benar. Misalnya, punggung selalu dalam posisi tegal ketika duduk, berdiri, atau ketika mengangkat beban. Tekuklah lutut jangan menekuk punggung saat membawa beban, seimbangkan antara beban sebelah kiri dan kanan.
Advertisement
Your Ads Here

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon