Alat Pernapasan Manusia Dan Hewan

Advertisement
Your Ads Here

Alat Pernapasan Manusia.
Ketika kamu bernapas kamu menghirup dan mengeluarkan udara. Melalui organ apakah udara tersebut masuk kedalam tubuhmu? Begitu pula ketika kamu mengeluarkan udara, melalui organ apakah udara tersebut keluar dari tubuhmu?

Udara merupakan campuran dari berbagai gas. Diantaranya adalah gas oksigen dan gas karbon dioksida, bagian udara yang kamu hirup adalah oksigen, sedangkan udara yang kamu keluarkan adalah karbon dioksida. Ketika kamu menghirup udara, Oksigen masuk melalui hidung, kemudian masuk kedalam pangkal tenggorokan, setelah itu oksigen melewati dua saluran yang berukuran lebih kecil dari tenggorokan, Dua saluran ini disebut Bronkus. Setelah melewati bronkus barulah udara masuk ke paru-paru.

1. Hidung
Hidung merupakan indra penciuman, hidung terdiri dari dua bagian yaitu lubang hidung dan rongga hidung, Udara akan masuk kedalam tubuhmu melalui hidung ketika kamu menghirup udara, didalam rongga hidung terdapat rambut dan lendir yang berguna untuk menyaring udara yang masuk, Pernahkah kamu bernapas dengan menggunakan mulut ? mana yang lebih baik menurut kamu, bernapas dengan hidung atau dengan mulut, tentunya lebih baik jika kamu bernapas dengan hidung, karna udara yang masuk akan disaring terlebih dahulu oleh bulu dan lendir yang terdapat dalam rongga hidung, sehingga segala jenis kotoran dan debu tidak terbawa ke dalam paru-paru.

2. Tenggorokan dan Paru-paru
Paru-paru manusia terletak di dalam rongga dada, paru-paru terdiri dari paru-paru kanan dan paru-paru kiri, Paru-paru kanan berukuran lebih besar daripada paru-paru kiri, hal itu disebabkan paru-paru kanan memiliki tiga buah gelambir, sedangkan paru-paru kiri hanya memiliki dua buah gelambir. Udara yang masuk melalui hidung kemudian melewati pangkal tenggorokan, Dari pangkal tenggorokan barulah udara masuk ke tenggorokan (trakea), Didalam dada trakea bercabang menjadi dua yang disebut bronkus menuju paru-paru kanan dan paru-paru kiri. bronkus tersusun tersusun dari pipa-pipa kecil yang disebut bronkiolus, pada ujung bronkioli terdapat kantong udara yang disebut alvealus. sedangkan alvealus berfungsi sebagai tempat pertukaran gas karbon dioksida (CO2). Setiap kamu bernapas udara segar yang mengandungoksigen yang masuk ke paru-paru , Oksigen kemudian diedarkan keseluruh tubuh melalui pembuluh darah, Pada waktu yang bersamaan karbon dioksida dikeluarkan dari dalam tubuh melalui paru-paru.

Tubuh manusia memerlukan asupan oksigen. kemudian oksigen tersebut digunakan untuk melepaskan energi dari makananan, Energi tersebut dimanfaatkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Alat Pernapasan Hewan
Sama seperti halnya manusia, untuk kelangsungan hidupnya hewan juga bernapas, namun cara hewan yang hidup didarat berbeda dengan hewan yang hidup di air, oleh karena itu, alat pernapasan pada hewan sesuai dengan tempat hidupnya, Ikan bernapas menggunakan insang, sedangkan katak bernapas menggunakan paru-paru dan kulitnya, Adapun burung bernapas dengan paru-paru, berikut ini akan dipelajari sistem pernapasan pada ikan, cacing tanah, dan katak

1. Alat Pernapasan Ikan
Ikan yang hidup di air tawar, air laut maupun yang hidup diair payau, bernapas dengan menggunakan insang, insang terletak pada bagian belakang pada kepala ikan, insang terdiri atas lembar-lembar insang dan lengkung, lembaran insang berwarna merah karena mengandung pembuluh darah, pada lembaran insan terjadi proses pertukaran udara, sedangkan lengkung insang berwarna putih dan berfungsi sebagai tempat meletakkan lembaran insang.

Adapun ikan Paus dan lumba-lumba yang bernapas dengan paru-paru, sedangkan kelas pisces bernapas menggunakan insang. Hal inilah yang menyebabkan paus dan lumba-lumba harus berenang ke permukaan untuk kembali menghirup oksigen karena struktur paru-paru yang tidak dapat mengambil oksigen dari air.

Sedangkan proses pernapasan pada ikan, saat ikan sedang bernapas dengan cara membuka dan menutup insang, air yang masuk melalui mulut akan dikeluarkan melalui insang, pada saat air melewati lembaran insang terjadi pertukaran gas, Air yang banyak mengandung oksigen akan masuk melewati insang. pada saat yang sama karbon dioksida akan keluar melalui pembuluh darah lembaran insang, pembuluh darahpun akan mengikat oksigen yang berasal dari air

2. Alat pernapasan Caicing Tanah
Tubuh cacing tanah tertutup oleh selaput bening dan tipis yang disebut kutikula, kutikula ini selalu lembab dan basah, Melalui selaput inilah cacing bernapas, kutikila menyebabkan udara didalam tanah masuk kedalam pembuluh darah cacing, setelah masuk kedalam pembuluh darah udara tersebut barulah diedarkan keseluruh tubuh.

3. Alat Pernapasan Katak
Alat pernapasan katak adalah paru-paru dan kulit. Namun ketika masih berbentuk kecebong, katak hidp didalam air dan bernapas menggunakan insang, Insang tersebut terletak diluar tubuhnya, seteah menjadi katak dewasa alat pernapasannya menggunakan paru-paru dan permukaan kulit.

4. Alat Pernapasan Burung
Burung memiliki alat pernapasan berupa paru-paru, selain itu burung memiliki kantong-kantong udara yang berdinding tipis, kantong-kantong udara tersebut terhubung dengan paru-parunya ketika kantong udara tersebut digembungkan, kantong udara tersebut juga digunakan oleh burung untuk mengambil oksigen sebanyak mungkin.
Advertisement
Your Ads Here

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon